Header AD

header ads

kandungan surah as-syarh beserta penjelasannya lengkap

Assalamu alaikum sahlam, ketemu lagi nih, semoga keadaan kalian sekarang sehat wal afiat, amin. Pada kesempatan kali ini, CAKRAWALA PENDIDIKN posting artikel yang membahas tentang kandungan Surah As-Syarh, nggak usah lama-lama yuk langsung baca artikelnya.👌👇

Kandungan Surah As-Syarh:

As-Syarh merupakan surah ke-49 dari Al-Qur'an yang terdiri dari 8 ayat dan termasuk golongan dari surah makkiyah. Kata As-syarh berasal dari bahasa Arab yaitu syarahah yang artinya melapangkan. Surah ini menjelaskan tentang nikmat-nikmat Allah.

Menurut Imam Jalaluddin as suyuthi surah As-Syarh diturunkan kepada nabi Muhammad saw ketika orang musryk menghina dan memperolok-olok kefakiran orang muslim. Hal tersebut dikarenakan pada waktu itu kondisi pengikut nabi Muhammad saw dalam keadaan miskin dan menderita oleh karena itu Allah menurunkan surah As-Syarh sebagai jawaban untuk menghibur Rasulullah dan kaum muslimin sekaligus sebagai solusi dalam mengatasi segala kesulitan.

Pokok-pokok isi surah As-syarh berisi tentang penegasan nikmat-nikmat Allah kepada nabi Muhammad saw dan pernyataan Allah bahwa disamping kesukaran ada kemudahan. Diantara nikmat-nikmat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Allah swt telah menganugerahkan kepada Rasulullah nikmat yang banyak diantaranya berupa kebersihan hati. Jauh dari perasaan cemas dan gelisah.

2. Allah swt juga meringankan beban yang dipikul Rasulullah dalam menyiarkan dakwahnya.

3. Allah swt menegaskan pada ayat 5 dan 6 bahwa dalam surah ini sesungguhnya setiap kesulitan ada kemudahan dan sesudah kesulitan ada kemudahan. Sampai diulang dua kali dalam ayat 5 dan 6artinya Allah swt pasti tidak akan membiarkan umatnya menderita.

Perilaku Menurut Al-Qur'an dalam Surah As-syarh :
1. Bahwa Allah telah membukakan hati nabi Muhammad saw untuk menerima cahaya ilahi sehingga beliau memiliki kearifan, mempunyai kelapangan hati untuk menghadapi berbagai kesulitan serta memahami haqiqah kehidupan.

2. Bahwa nabi Muhammad saw pernah merasakan beban dalam kehidupannya. Beliau sering menyendiri di gua Hira untuk merenung tentang keadaan masyarakatnya yang penuh kezaliman dan kerusakan moral.

3. Bahwa Allah swt telah meninggikan dan mengharumkan nabi Muhammad saw dan menjadi manusia pilihannya.

4. Allah swt menerangkan didalam surah As-syarh bahwa setiap menghadapi berbagai kesulitan akan ada jalan keluarnya.

5. Allah swt dan nabi Muhammad saw  cinta terhadap orang yang suka bekerja keras tanpa lelah berfikir tanpa henti. Khalifah Umar bin Khattab berpesan "aku benci melihat kalian tidak melakukan aktivitas yang menyangkut kehidupan di dunia,  tidak pula untuk kehidupan akhirat.

6. Selain itu, kita harus selalu berharap kepada Allah swt dari usaha yang telah dilakukan dengan bersungguh-sungguh, tentunya dengan do'a dan ikhtiar.

Jadi, dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa  surah As-syarh menjelaskan tentang nikmat-nikmat Allah kepada nabi Muhammad saw dan pernyataan Allah bahwa disamping ada kesukaran ada kemudahan.

sahlam, hanya ini yang bisa saya bagikan kurang dan lebihnya mohon dimaafkan dan semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu, Assalamu alaikum. 😉😉😇
kandungan surah as-syarh beserta penjelasannya lengkap kandungan surah as-syarh beserta penjelasannya lengkap Reviewed by Unknown on Januari 21, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads