Header AD

header ads

pengertian URL, Domain Name, Website, homepage, webpage dan file HTML




Untuk memahami tentang akses internet, kamu perlu  mengenal istilah-istilah dalam akses internet tersebut seperti: URL, Domain Name dan Website.


URL (Uniform Resources Locator)



URL dapat di artikan sebagai alamat suatu file di internet. File terseebut dapat berupa file halaman web (*.htm, *.html, dan lain-lain), file gambar (*.jpg, *.bmp dan lain-lain), ataupun tipe file lain.

Bentuk lengkap penulisan URL adalah protokol://nama_host/path/nama_file.

Dengan :
Protokol adalah jenis protokol yang akan digunakan, seperti http atau fp.

Nama_host adalah nama host (domain) tempat file tersebut.

Path adalah lokasi atau di rektori tempaat file-file diletakkan  pada web server.

Nama_file adalah nama file yang di panggil.


Sebagai contoh URL http://www.ajangkita.com/berita/domain_baru.htm  memiliki format seperti ini:

a. http adalah protokol yang di gunakan
b. www.ajangkita.com adalah host name-nya 
c. berita adalah pwth atau direktori yang dituju
d. domain_baru.htm adalah nama file yang di akses




Untuk mengakses suatu file di internet, URL file tersebut diketikkan address bar pada browser yang di gunakan kemudian klik tombol GO. Jika URL yang kamu ketik hanya berisi protokol dan nama domain,maka halaman web yang tampil merupakan hompage (halaman utama) situs tersebut. Misalkan URL yang diketik adalah http://.yahoo.com, makatampilan halaman web yang terbuka beberapa saat kemudian adalah hompage/halaman utama domain yahoo.com. Pada browser-browser sekarang, protokol http di anggap sebagai protokol standar sehingga boleh untuk tidak mencantumkan pada saat menulis alamat di adrdress bar untukmengaksesnya. Jadi,untukmengakses hompage yahoo, kita cukup mengetikkan www.yahoo.com kemudian menekan Enter.   Browser secara otomatis akan melengkapi penulisan URL tadi dengan menambahkan http:// di depannya.   



Domain Name



Domain Name mengacu pada sistem penamaan alamat internet protokol, sedangkan URL (uniform Resources Locator) adalah sarana untuk menentukan alamat yang akan di pakai untuk mengaksessuatu file internet. Sebagai contoh domain name untuk situs www.yahoo.com adalah yahoo.com, sedangkan alamat URL untuk yahoo.com adalah http://www.yahoo.com.



Website, Hompage dan Webpage

Website (situs web) adalah keseluruhan isi web server yang di  miliki oleh seseorang atau lembaga tertentu. Website bisa di ibaratkan sebagai sebuah buku yang terdiri dari halaman-halaman tertentu, termasuk cover, daftar isi, dan sebagainya.

Homepage adalah halaman depan atau halaman utama sebuah website. Bisa di ibaratkan sebagai cover sebuah buku, atau ruang tamu sebuah rumah.

Webpage adalah halaman tertentu yang terdapat di sebuah website. Karena satu halaman web biasanya merupakan sebuah file, maka satu webpage bisa juga di sebut sebagai satu file HTML. 

File HTML adalah jenis file yang digunakan untuk menyimpan semua data yang akan di akses oleh internet.  

     
pengertian URL, Domain Name, Website, homepage, webpage dan file HTML pengertian URL, Domain Name, Website, homepage, webpage dan file HTML Reviewed by Unknown on Februari 28, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads