Header AD

header ads

materi ipa kelas 8 pengertian gaya gravitasi, gaya normal dan perbedaan massa dan berat


Hai guys, kali ini kita bakalan bahas tentang gaya gravitasi, gaya normal sama perbedaan massa dan berat. Mungkin kalian udah tau tentang gaya gravitasi tapi disini kita bakalan bahas lebih jelas lagi. Ya udah guys, yuk langsung simak penjelasannya dibawah ini. 👇👇👇


GAYA GRAVITASI

Menurut hukum gravitasi Newton, semua benda menarik benda lain karena benda memiliki massa. Gaya tarik antara dua benda yang memiliki massa benda disebut gaya gravitasi atau gaya berat. Gaya tarik suatu benda nilainya bergantung pada massa benda itu. Massa bumi yang besar menyebabkan gaya gravitasi yang dihasilkannya pun cukup besar.

Akibat adanya gaya gravitasi bumi, benda-benda dipermukaan bumi selalu ditarik ke arah pusat bumi. Gaya gravitasi bumi menyebabkan semua benda yang ada dipermukaan bumi memiliki berat. Jadi, berat suatu benda adalah ukuran besarnya gaya gravitasi terhadap benda itu. 

Perbandingan berat benda dengan massa suatu benda disebut percepatan gaya gravitasi bumi, yang diberi simbol g. 

Supaya materinya makin lengkap dan kalian makin ngerti simak rumus dibawah ini dengan baik.


PERBEDAAN MASSA DAN BERAT

Massa merupakan besaran fisika yang nilainya selalu tetap dimana pun benda tersebut berada. Penyebabnya adalah massa merupakan ukuran jumlah materi yang dikandng benda. Jika benda tidak dibagi atau ditambah, jumlah materi yang dikandungnya tetap sama dimana pun benda ditempatkan.

Di kutub dan di khatulistiwa massa benda tetap, tetapi beratnya berbeda. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan percepatan gaya gravitasi bumi pada kedua tempat tersebut. Dipermukaan laut dan dipuncak gunung Everest massa benda tetap. Tetapi berat benda dipuncak Gunung Everest lebih kecil daripada permukaan laut. Penyebabnya adalah percepatan gaya gravitasi bumi dipuncak Gunung Everest lebih kecil daripada percepatan gaya gravitasi bumi dipermukaan laut. 


Massa suatu benda dipermukaan bumi dan dipermukaan bulan juga saja, kecuali beratnya. Berat benda dibuan itu enem kali lebih kecil daripada dibumi, penyebabnya pasti kalian udah negerti donk dari penjelasannya diatas? Itu karena percepatan gaya gravitasi bulan enam kali lebih kecilll daripada percepatan bumi. Kalo dibumi seorang atlet angkat besi mampu ngangkat barbel yang massanya 100 kg, dibulan dia bisa ngangkat barbel yang massanya 600 kg.


KESEIMBANGAN GAYA PADA BENDA LAIN


Selain gaya berat, ternyata terdapat juga gaya lain yang bekerja pada benda. Gaya ini diberikan oleh permukaan tempat benda tersebut berada dan memiliki arah keatas pada benda. Gaya yang dikerjakan permukaan pada benda dan memiliki arah keatas disebut gaya normal.

Karena besar gaya berat dan gaya normal itu sama, seolah-olah nggak ada gaya yang bekerja pada benda. Hal ini karena kedua gaya arahnya saling berlawanan sehingga saling menghilangkan. Atau boleh dibilang benda itu lagi dalam keadaan seimbang. Benda-benda tersebut bakalan pertahanin keadaannya selama nggak ada gangguan. Semua benda itu tunduk sama hukum I Newton tentang gerak.
 
Pasangan gaya yang bekerja pada benda yang diam ini berbeda dengan pasangan gaya aksi-reaksi. Pada pasangan gaya aksi-reaksi, masing-masing gaya bekerja pada benda yang berbeda. Misakan, kamu bersandar ditembok. Kamu memberikan gaya aksi pada diniding yang arahnya menuju dinding. Sementara dinding memberikan gaya reaksi yang sama besarnya kepada tubuhmu.

Pada pasangan gaya berat dan gaya normal, masing-masing gaya bekerja pada benda yang sama. Misalkan, kamu berdiri diam diatas lantai. Tubuh kamu memberikan gaya berat yang arahnya menuju pusat bumi. Sementara bumi juga memberikan gaya normal pada tubhmu dengan arah keatas. Gaya normal yang diberikan bumi ini sebesar gaya beratmu.  Gituuu

Ya udah guys✌, kayaknya sampai disini👇 dulu pembahasannya, kalo kurang lengkap gw minta maaf 🙏soalnya gw bukan 🙅🙌ahli fisika dan gw juga bukan guru fisika jadi maklumin kalo ada yang kurang😕. Ok👌, sampai ketemu di artikel yang lain, daaaagh 👐😊   
materi ipa kelas 8 pengertian gaya gravitasi, gaya normal dan perbedaan massa dan berat materi ipa kelas 8 pengertian gaya gravitasi, gaya normal dan perbedaan massa dan berat Reviewed by Unknown on Maret 04, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads