Header AD

header ads

CARA EFEKTIF MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE






Menggunakan mesin pencari (search engine) merupakan cara yang biasa ditempuh oleh para netters untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkannya di belantara World Wide Web (www). Namun demikian, tidak jarang penggunaan mesin pencari memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan query dengan cara yang kurang tepat. 

Tips-tips berikut di harapkan dapat menuntunmu menggunakan mesin pencari secara efektif untuk menemukan informasi yang di butuhkan :  



1. Gunakan mesin pencari yang tepat

Sebagian mesin pencari saat ini, lebih banyak menampilkan iklan dari pada hasil pencarian yang sesungguhnya. Untuk saat ini, Yahoo dan Google merupakan pilihan yang terpercaya.

2. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum

Pencarian dengan kata umum menghasilkan hasil pencarian yang tidak fokus, lebih baikmenggunakan kata yang lebih khusus. Misalnya kata digital camera menggunakan ribuan hasil pencarian, tetapi kata digital camera casio lebih sedikit hasil pencariannya dan lebih fokus.

3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas

Banyak orang yang memasukkan kata kunci secara berderet-deret sehingga mengacaukan hasil pencarian. Manuliskan kata kunci biografi singkat ilmywan legendaris Albert Einstein akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya biograpi Albert einstein. Perhatikan ejaan dari kata kunci yang kamu masukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat membawamu untuk memperoleh hasil yang jauh dari harapan.

4. Gunakan operator Boolean

Kata kunci "dan", "atau", "bukan". dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Keyword Hubble dan biograpi  bukan teleskop akan membawamu kehalaman yang membahas tentang Edwin Hubble dan menghindari masuknya halaman tentang teleskop antariksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian.

5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase tubuh

Beberapa mesin pencari mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya,penggunaan kata kunci "teknologi komputer"  akan memberikan hasil yang berbeda. Kata kunci yang di apit oleh dua tanda kutip juga dapat di kombinasikan dengan opertaor boolean untuk mendapatkan hasi yang lebih spesifik.   

 
CARA EFEKTIF MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE CARA EFEKTIF MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE Reviewed by Unknown on Maret 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads