Header AD

header ads

UNSUR-UNSUR SENI PERTUNJUKAN TEATER


Unsur-unsur yang harus dalam pementasan drama adalah sebagai berikut.

1. TEMA



Tema adalah pikiran pokok yang mendasari kisah drama. Pikiran pokok tersebut di kembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi kisah yang seru dan menarik.  Tema dapat di persempit menjadi topik kemudian topik tersebut di kembangkan menjadi kisah dalam teater dengan dialpg-dialognya. Sementara itu, judul dapat diambil dari isi ceritanya.


2. PLOT

Plot adalah rangkaian peristiwa atau jalan kisah dalam drama. Plot terdiri atas konflik yang berkembang secara bertahap, dari sederhana menjadi kompleks, klimaks, sampai penyelesaian. Tahapan plot yaitu sebagai berikut.

a. Eksposisi


Perkenalan tokoh melalui adegan-adegan dan dialog yang mengantarkan penonton pada keadaan yang nyata.

b. Konflik



Pada tahapan ini mulai ada kejadian atau peristiwa atau insiden yang melibatkan tokoh dalam masalah.

c. Komplikasi

Insiden yang terjadi mulai berkembang dan menimbulkan konflik semakin banyak, rumit dan saling terkait tetapi belum tampak pemecahan masalahnya.


d. Klimaks




Berbagai konflik telah sampai pada puncaknya atau puncak ketegangan bagi para penonton. Disinilah konflik atau pertikaian antar tokoh semakin memanas.

e. Penyelesaian


Tahap ini merupakan akhir penyelesaian konflik. Disini, penentuan ceritanya akan berakhir menyenangkan,mengharukan, tragis, atau menimbulkan sebuah teka-teki bagi para penonton.


3. PENOKOHAN


Penokohan dalam teater mencakup beberapa hal di antaranya sebagai berikut.

a. Aspek Fsisikologis

Aspek ini berkaitan dengan penamaan, pameran dan keadaan fisik tokoh. Keadaan fisik antara lain tinggi, pendek, warna rambut, rambut panjang, gemuk, kurus atau warna kulit.

b. Aspek Sosiologis

Aspek ini berkaitan dengan keadaan sosial tokoh, yaitu interaksi atau peran sosial tokoh dengan tokoh lain.

c. Aspek sosiologis

Aspek ini berkaitan dengan karakter yaitu keseluruhan ciri-ciri jiwa atau kepribadian seorang tokoh. Jenis karakter dalam sebuah pementasan teater antara lain protagonis, antagonis, figuran serta tritagonis.

4. Dialog

Dialog adalah percakapan antar tokoh (yang bersamaan dalam satu gerak atau adegan) untuk merangkai jalannya kisah. Dialog harus mendukung karakter tokoh, mengarahkan plot dan mengungkap makna yang tersirat.

5. Bahasa

Bahasa merupakan bahan dasar naskah atau skenario dalam wujud kata dan kalimat. Kata dan kalimat harus dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan secara komunikatif dan efektif.

6. Ide dan Pesan

Ide dan pesan dalam pertunjukan harus bisa di tuliskan oleh penulis dan di implementasikan di atas panggung oleh pemeran. Ide bisa di dapat dengan cara merekayasa secara logis, sehingga selain dapat menghibur, pementasan teater juga menampilkan pesan moral melalui nilai-nilai pendidikan.

7. Setting

Setting atau latar adalah keadaan tempat dan suasana terjadinya suatu adegan di panggung. Setting ini bisa mencakup tata panggung dan tata lampu.

Ok, genk's penjelasannya sampai di sini dulu, kalau misalkan ada yang kurang, atau ada yang punya saran langsung komen aja. 

Dan jangan lupa datang lagi di lain waktu, komen,like dan kunjungan kalian itu sangat berarti bagi para blogger. Ok genk's sampai jumpa di lain waktu.       

          
UNSUR-UNSUR SENI PERTUNJUKAN TEATER UNSUR-UNSUR SENI PERTUNJUKAN TEATER Reviewed by Unknown on Mei 04, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads