Header AD

header ads

TIPS MENCEGAH DAN MENGATASI LELAH SAAT MENJALANKAN IBADAH PUASA


Assalamu alaikum sahabat CP, kali ini kita akan bahas tentang tips&trik mengatasi atau mencegah lelah saat menjalankan ibadah puasa. Entah itu puasa wajib ataupun puasa sunnah.

Basa-basinya mungkin nggak usah panjang lebar, yuk langsung baca poin-poin berikut.



Tips mencegah lelah saat puasa  



Kelelahan itu wajar bagi manusia, tidak berpuasa pun tubuh seriong merasa lelah. Entah itu karena pekerjaan atau bahkan pikiran.

Buat kalian yang sering mudah merasa kelelahan saat melakukan aktivitas atau saat menjalankan ibadah puasa, berikut beberapa tips cara mencegah lelah versi CAKRAWALA PENDIDIKAN.


#Menghindari menu sahur yang kurang sehat

Hal ini penting banget di perhatikan, salah satu penyebab cepat lelah atau lapar saat puasa salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi saat sahur. Mungkin semua orang udah tau makanan instant itu nggak baik, tapi tetap konsumsi. Yang instant itu manfaatnya instant juga, misalnya mie instant.



Saat mengkonsumsi mie,kita cenderung merasa cepat kenyang. Hal ini di sebabkan oleh mie yang sifatnya mudah mengembang. Tapi, di sisi lain kita juga sering merasa cepat lapar, saat mie telah di cerna. 

 Jadi, mulai dari sekarang menu sahur itu juga harus di perhatikan. Kalau misalkan menu sahurnya mie, kalian bisa campur sama sayuran, supaya nutrisinya bertambah dan bisa memberikan energi bagi tubuh pastinya.


#Hindari tidur setelah makan sahur



Tidur setelah makan sahur adalah kegiatan yang sudah lumrah di mata masyarakat Indonesia. Tanpa di sadari di balik nyenyaknya tidur setelah makan sahur itu tersimpan bahaya lho genk's khususnya bagi orang yang bermasalah dengan penyakit maag.   
  
Hal yang bisa ditimbulkan oleh kebiasaan tidur setelah makan antara lain, asam lambung naik, terjadi refluks dan rentan terkena stroke.

Tak hanya itu, tidur setelah makan sahur juga berpengaruh terhadap aktivitas kita nantinya, misalnya timbul rasa malas atau hilang semangat dan cepat lelah.

Karena pada saat kita tidur, secara otomatis tubuh melakukan proses pencernaan. Akibatnya, saat bangun tubuh terasa tidak berisi lagi karena makanan yang santap saat sahur, telah di cerna oleh tubuh.


#Ber-aktivitas

Tips mencegah kelelahan berikutnya adalah dengan ber-aktivitas. Bekerja itu lebih membuat diri kita bersemangat dan berenergi dari pada malas-malasan.

Saat bekerja, tubuh kita membakar energi dan di keluarkan lewat keringat, pada saat itu tubuh kita terasa segar. Tapi kalau kita cuma malas-malasan, duduk atau diam nggak tau mau ngapain, membuat tubuh kita malas bergerak dan merasa lelah.

Jadi, sahabat CP bisa habiskan waktu sahabat CP dengan beberapa aktivitas yang nggak terlalu berat. Misalnya bersih-bersih, baca Al-qur'an, baca buku, silaturahmi, ngabuburit atau pekerjaan lain yang menurut kalian itu nggak terlalu menguras keringat.


#Jangan terlalu banyak tidur

Akibat yang ditimbulkan pada poin ini nggak beda jauh dari tidur setelah sahur. Sama-sama nggak bermanfaat untuk kesehatan, dan nggak bawa berkah pastinya. 

Bahkan hal ini bisa memakruhkan puasa. Jadi, akalu misalkan sahabat CP nggak tau harus ngapain, sahabat CP bisa olahraga. 

Olahraga yang cocok di lakukan di bulan ramadhan misanya, yoga, sepeda, jogging atau tredmil.       




Ok, genks demikian artikelnya semoga bermanfaat. Semoga ibadah puasanya lancar dan membawa berkah serta bisa menjadi pemberat timbangan amal baik kita di akhirat kelak.

TIPS MENCEGAH DAN MENGATASI LELAH SAAT MENJALANKAN IBADAH PUASA TIPS MENCEGAH DAN MENGATASI LELAH SAAT MENJALANKAN IBADAH PUASA Reviewed by Unknown on Mei 27, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads