Header AD

header ads

MATERI IPA KELAS 7 CIRI-CIRI MAHKLUK HIDUP


Ciri-ciri mahkluk hidup adalah bernapas, bergerak, memerlukan nutrisi, tumbuh, berkembang biak, peka terhadap rangsang, dan mengeluarkan zat sisa.

untuk lebih jelasnya berikut penjelasan ciri-ciri mahkluk hidup satu demi satu.


a. Bernapas (respirasi)



Bernapas atau respirasi adalah proses pengambilan oksigen dari luar tubuh untuk proses pembakaran bahan makanan di dalam tubuh.


Proses pembakaran tersebut akan menghasilkan energi atau tenaga. Energi yang di hasilkan digunakan untuk beraktivitas. 


Selain menghasilkan energi,bernapas juga menghasilkan zat sisa yaitu gas karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O). Karbon dioksia dan uap air akan di keluarkan dari tubuh mahkluk hidup ke lingkungannya.


b. Bergerak 



Bergerak merupakan perubahan posisi tubuh baik secara aktif maupun pasif sebagai tanggapan terhadap rangsang.


Bergerak aktif adalah gerak yang dapat dilakukan anggota tubuh dengan kekuatannya sendiri. Sedangkan gerak pasif adalah gerak yang dapat dilakukan dengan bantuan orang lain.


Tumbuhan bergerak atau tidak ?

Jawabannya iya, tumbuhan kan termasuk mahkluk hidup. Cara tumbuhan bergerak seringkali tidak terlihat oleh mata kita. Misalnya, gerak batang serta ujung tunas ke arah datangnya cahaya, gerak akar menembus tanah, gerak tumbuhan putri malu (Mimosa pudica) dan tumbuhan lainnya.


c. Memerlukan nutrisi


Makanan atau nutrisi dibutuhkan oleh mahkluk hidup untuk mendapatkan energi.

Apakah tumbuhan juga butuh makanan ?

Jawabannya iya lagi, tumbuhan memperoleh makanannya lewat proses fotosintesis.


d. Tumbuh


Tumbuh merupakan peristiwa pertambahan volume dan ukuran yang bersifat irreversible, yang artinya reaksi yang berlangsung searah atau tidak dapat kembai.


e. Berkembang biak (reproduksi)



Berkembang adalah proses perkembangbiakan mahkluk hidup untuk menuju kedewasaan. 

Sedangkan berkembang biak adalah proses menghasilkan keturunan untuk menjaga kelestarian populasinya.


f. Peka terhadap rangsang (iritabilitas)



Peka terhadap rangsang adalah kemampuan mahkluk hidup menaggapi rangsangan. Misalnya telinga peka terhadap rangsangan suara, mata peka terhadap rangsangan cahaya dan hidung peka terhadap bau.


g. Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)

Ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme dalam tubuh. Metabolisme adalah proses pertukaran zat yang terjadi di dalam tubuh mahkluk hidup, misalnya prosespernapasan dan proses pencernaan.


h. Adaptasi

Adaptasi adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan agar dapat bertahan hidup.

Adaptasi dibedakan menjadi tiga yaitu :

- Adaptasi fisiologi

Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian fungsi alat-alat tubuh mahkluk hidup terhadap lingkungannya. Misalnya bunga reflesia mengeluarkan enzim untuk menarik serangga.


- Adaptasi morfologi

Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh mahkluk hidup terhadap lingkungannya. Misalnya selaput yang terdapat pada kaki bebek membantunya untuk hidup di lingkungan berlumpur.


- Adaptasi tingkah laku

Adaptasi tingkah laku merupakan penyesuaian perubahan tingkah laku mahkluk hidup terhadap lingkungannya. Contohnya cicak memutuskan ekor saat tertangkap oleh musuh.



 Ok sahabat Cp, sekian dulu materinya, semoga bermanfaat. Jika ada hal yang ingin ditanyakan atau ingin menyampaikan kritik dan saran, silahkan komentar dengan bahasa yang sopan. See you...
#Salam pendidikan.

 
 

 

 
MATERI IPA KELAS 7 CIRI-CIRI MAHKLUK HIDUP MATERI IPA KELAS 7 CIRI-CIRI MAHKLUK HIDUP Reviewed by Unknown on Mei 28, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads