Header AD

header ads

SEJARAH INTERNET


Sejarah internet dimulai pada tahun 1969. Saat itu di Departemen Pertahanan Amerika, U.S Defence Advance Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET (Advance Research Project Agency).

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail ia ciptakan setahun sebelumnya untuk ARPANET. Program e-mail ini sangat mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon  @ juga diperkenalkansebagai lambang pentingyang menunjukkan at atau pada. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai di kembangkan keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempersentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dan Royal signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah 100 lebih komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,menciptakan newsgroup pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom melakukan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama yang memungkinkan saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Oleh karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP. Untuk menyeragamkan alamat dijaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain yang kini dikenal dengan DNS atau Domain Name System.

Tahun 1988, Jarkko Oikarinen dari Firlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay  Chat. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut WWW atau world wide web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer dan ditahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya Virtual shopping atau e-mail muncul diinternet. Duni langsung berubah, ditahun yang sama Yahoo! didirikan yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Dalam perkembangannya, penggunaan internet yang semula dimonopoli oleh kalangan perguruan tinggi  (peneliti tingkat universitas) dan militer akhirnya bisa dinikmati masyarakat umum. Bahkan saat ini internet sudah menjadi media bagi pengusaha untuk mempromosikan dan memasarkan produk. Masyarakat umum menggunakan internet sebagai sarana pencarian informasi dan pengetahuan. Oleh karenanya, jumlah pengguna internet semakin bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan banyaknya pengguna internet disuatu negara dapat menjadi ukuran kemajuan teknologi negara tersebut.

Penggunaan internet diseluruh dunia dapat kamu lihat dari statistik berikut:


Atau statistik tabel tahun 2017

   
SEJARAH INTERNET SEJARAH INTERNET Reviewed by Unknown on Maret 08, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads