Header AD

header ads

Tips dan trik menghadapi dan mengerjakan ujian





Lulus ujian dengan nilai tinggi, kenapa nggak ...?

Ujian akhir sekolah merupakan salah satu syarat kelulusan peserta didik dalam satuan pendidikan. So, sudah sepantasnyalah ujian akhir sekolah dipersiapkan sejak dini. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Iya kan. Jadi, mulai detik ini, buatlah target lululs ujian dengan nilai yang setinggi mungkin. 

Dan kalian nggak perlu bingung atau khawatir, karena gw punya tips nih buat kalian.  Tipsnya ada dibawah ini.



1. Kuasai materi kisi-kisi ujian nasional


    
Ingat, soal yang keluar dalam ujian tidak akan melenceng dari kisi-kisi yang diberikan. Jadi, pelajari kisi-kisi tersebut dan pelajari teori serta materinya. 

Materi tersebut nggak sekedar dibaca atau dihafal aja ya genk's, tapi pahami. Menurut pengalaman gw pribadi. Cara belajar dengan menghafal materi itu sifatnya sementara. Belum tentu kita bisa ingat apa yang pernah kita hafal.

Jadi, kuncinya adalah pahami materi tersebut. Usahakan kamu ngerti isinya. Entah itu kata yang dipakai atau maksud dari bacaan tersebut.

Setelah kamu paham, kamu bisa coba ulang apa yang kamu baca dengan gaya bahasa kamu sendiri. Gitu genk's.  

 
2. Perbanyak Latihan Soal 










Step kedua ini tergolong penting banget genk's. Kita nggak boleh mentok di materi doank. Soalnya kemungkinan besar kita bisa dapat materi baru lewat soal. Contohnya fisika, kita udah mati-matian hafalin rumus tapi pas ketemu ama soal, yang keluar bukan materi yang udah dipelajarin. Nah, disitu letak pentingnya kenapa kita harus perbanyak latihan soal. 


Dengan berlatih secara continue, maka akan mudah menganalisis jenis-jeis soal yang keluar dalam ujian. Belajar sedikit demi sedikit secara continue lebih baik dari pada belajar dengan cara sistem kebut semalam (sks). Jadi persiapkanlah ujian mulai dari sekarang.

 

3. Tingkatkan motivasi belajar



Motivasi belajar akan sangat menentukan semangat belajar. Motivasi yang kuat akan menumbuhkan semangat belajar yang tinggi. Bayangkan kita bisa lulus ujian dengan nilai tinggi, maka kita akan memiliki teman yang banyak, di sayang pacar atau terserah lho yang penting lho bisa termotivasi .

 
4. Persiapkan mental dan fisik




Tumbuhkanlah sikap percaya diri dan tenang saat mengerjakan soal. Selain itu, jagalah kesehatan sebaik mungkin. Sebaiknya hindari belajar hingga larut malam, karena akan mengganggu kesehatan. Lebih baik belajar di malam hari yang tidak terlalu larut dan mengulanginya pada waktu dini hari (subuh). Karena pada waktu tersebut pikiran kita masih fresh dan tidak terlalu stres.

Serta menjaga pola hidup yang sehat. Seperti makan makanan yang bergizi,olah raga teratur dan dan jangan lupa istirahat.

 

5. Siapkan keterampilan teknis yang berhubungan dengan ujian



Dalam hal ini, berhubungan dengan teknis pengerjaan soal. Sebagai contoh, pengisian jawaban pada lembar jawab komputer. Nah, sebaiknya rutinlah ikut tryout-tryout ujian. Selain itu kalian bisa berlatihlah memanfaatkan waktu. Kalian nisa baca triknya dibawah.

 
6. Berdo'a kepada Tuhan Yang Maha Esa

sumber gambar:http://www.annida-online.com

Do'a merupakan senjata yang ampuh dalam menghadapi apapun. Hal ini akan membuat kita menjadi lebih tenang. Karena semua hasil akan di pasrahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa setelah kita berusaha dengan sungguh-sungguh. Sebesar apapun usaha kita jika tidak di sertai oleh kehendak Tuhan, maka usaha tersebut akan sia-sia.


Oh iya, gw punya tambahan tips buat kalian, yang InsyaAllah bermanfaat buat lho. Tips ini cocok lho terapin pada saat lho udah hadapi ujian. Tipsnya dibwah ini :



Tips Mengelola Manajemen waktu 



  • Total waktu yang di sediakan biasanya 120 menit
 
  • Kelola waktu sebaik mungkin
 
  • Sebagai contoh ujian matematika yang berjumlah 40 nomor. Waktu mengerjakan soal adalah 3 menit per soal
 
  • Sekarang, usahakan mengerjakan tiap soal dalam waktu maksimal 1 menit. Kerjakan soal yang dianggap mudah dulu. So dalam waktu 40 menit semua soal akan terjawab.

Jika 1 menit per soal dapat terpenuhi, maka masih ada waktu 80 menit untuk mengoreksi ulang jawaban, meneliti lembar jawaban dan lain-lain.

Dan yang terpenting saat mengerjakan soal, lho nggak boleh main-main. Gw sih terapin sistem SKS. Sks yang gw maksud bukan Sistem Kebut Semalam, tapi Serius Konsisten Santai.

Kita harus serius kalo lagi hadapin soal, nggak boleh mikir yang lain. Dan kita juga harus konsisten, kalo kita lagi ngerjain soal nggak usah ngobrol dulu ama temen lho atau ngerjain hal lain. Pokoknya yang jadi prioritas utama lho adalah ngerjain soal.

Terakhir SANTAI. Seberapa serius dan konsistennya seseorang, itu harus dibarengi dengan rasa santai. Lho nggak usah terlalu tegang atau buru-buru. 

Kalo udah banyak temen lho yang udah kelar, nggak usah dipikirin, tetap fokus ama soal.  Jangan sampai semua hal itu bikin konsentrasi lho jadi buyar. OK!

Segini aja genk's yang bisa gw bagi, semoga tipss ini bisa bantu lhodan kalo misalkan nggak sesuai sama diri lho, ya terserah. Karena tips ini menurut pengalaman pribadi gw aja.

Ya udah, selamat menjalankan Ujian and good luck 👌😘

#janganlupakomen
Tips dan trik menghadapi dan mengerjakan ujian Tips dan trik menghadapi dan mengerjakan ujian Reviewed by Unknown on Februari 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads