Header AD

header ads

mengatasi stress dengan cara islam




Urusan pekerjaan, usaha, perdagangan dan lain sebagainya terkadang membuat diri kita stres. Padahal stres dan ketegangan di tengarai bisa menjadi pemicu penyakit jantung yang merupakan penyakit pembunuh nomor satu. Saat ini kebanyakan manusia mengalami keduanya karena tuntutan hidup yang semakin keras. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi stres cara islam.

- Istirahat siang

Keutamaan istirahat siang adalah untuk relaksasi tubuh sehingga membuat tubuh lebih santai dan membantu tidur pada malam hari menjadi lebih baik. Hal ini dapat di praktikkan dengan berbaring selama waktu tertentu untuk istirahat santai, bukan tidur sepanjang siang. Waktu yang di anjurkan antara 15-20 menit.

- Posisi Tidur

Pepatah kuno mengatakan raja tidur di atas punggung, orang kaya tidur di atas perut, dan orang bijak tidur pada sisi tubuh. Rasulullah saw bersabda :
" Apabila kamu ingin ke tempat tidur, berwudhulah terlebih dahulu sebagaimana kamu berwudhu untuk sholat. Kemudian berbaringlah di atas lambung kanan." Dalam hal ini, wudhu membuat tubuh segar, bersih dan siap istirahat. Posisi miring ke kanan merupakan posisi yang membuat tubuh dapat berpindah dari satu sisi ke sisi lain dengan lebih mudah tanpa melakukan gerakan besar yang dapat mengurangi kenyamanan waktu tidur.

- Bersedekah

Kehidupan yang serba matrealistik dan individualis banyak melahirkan gangguan mental. Berawal dari kecemasan kepemilikan harta benda, status sampai ke penampilan akhirnya berujung pada depresi hingga gangguan jiwa. Terapi terbaik adalah dengan tidak menjadikan harta sebagai Tuhan dan kebebasan individu sebagai raja dan melatih diri untuk bersedekah.

- Membaca Al-Qur'an

Tekanan hidup sering kali mengguncang keyakinan terhadap keadilan, kebenaran dan nilai-nilai luhur kemanusiaan berujung dapat menghancurkan pegangan hidup. Al-qur'an menyediakan penje;asan dan jawaban kejadian kehidupan jauh lebih lengkap dan dalam dari sekedar mendengarkan musik, membaca novel, atau cerpen. Bagi yang sering mengulang-ulang membaca Al-qur'an dengan maknanya akan menemukan nasihat, penguatan batin, dan solusi terhadap semua persoalan.

Jadi, mulai dari sekarang mari perbanyak ibadah dan percayalah bahwa Allah selalu menyertai kita.  🙂🙂🙂    
mengatasi stress dengan cara islam mengatasi stress dengan cara islam Reviewed by Unknown on Januari 28, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads