Header AD

header ads

konsep hidup menurut pandangan umat muslim



Manusia terperangkap di dalam kehidupan modern di sebabkan karena memiliki cara pandang yang keliru terhadap hidup ini. Mereka memiliki pandangan hidup yang keliru sehingga mereka tidak memperoleh makna hidup tetapi justru menjadii konsumen dari limbah kehidupan. Seorang muslim yang memiliki pandangan hidup yang benar, akan tetap eksis dan kuat dalam segala zaman, baik itu zaman tradisionil maupun zaman modern, karena pandangan hidup yang benar akan menyeleksi limbah dari esensi.

Pandangan hidup muslim sekurang-kurangnya dapat di ukur dari hal-hal sebagai berikut.

a. Tujuan hidup
     Agama islam mengajarkan bahwa tujuan dari hidup manusia adalah untuk mencari ridha Allah, ibtigha'a mardatillah. Oleh karena itu, acuan hidupnya adalah pada apakah yang di pilih itu sesuatu yang di ridhai Allah atau tidak. Pandangan hidup ini akan membuat orang kuat dalam pendirian, tidak takut di caci maki dan bahkan tidak takut tersingkir dari sistem sosial. Jika seseorang telah menetapkan ridha Allah sebagai tujuan hidupnya maka ia terhindar dari keharusan memenuhi tuntutan sosial yang bertentangan dengan tujuan hidupnya.

b. Fungsi hidup
     Agama islam mengajarkan bahwa fungsi manusia di muka bumi adalah sebagai khalifah Allah. Sebagai khalifah Allah, manusia di beri tanggung jawab untuk menegakkan kebenaran dan hukum Allah di muka bumi, yang untuk itu manusia di beri hak untuk mengelola dan memanfaatkan alam. Pandangan hidup ini menyebabkan seseorang tidak bisa tinggal diam melihat merajalelanya perbuatan manusia yang merusak kehidupan. Sebagai khalifah ia terpanggil untuk amar makruf dan nahi mungkar. Dalam perspektif ini manusia adalah subyek, bukan semata-mata obyek.    

d. Alat hidup
    Agama islam mengajarkan bahwa manusia di ciptakan adalah untuk menyembah Tuhan. Jadi ibadah adalah tugas yang harus di jalankan, bukan tujuan. Untuk mencapai tujuan memperoleh ridha Tuhan, manusia harus disiplin menjalankan tugas maka ia berhka memperoleh promosi, bagi yang malas maka ia akan tertinggal.

e. Teladan hidup
     Manusia memiliki kecenderungan untuk melakukan imitasi dan identifikasi. Manusia membutuhkan tokoh untuk ditiru, karena ilmu dan keterampilan saja tidak menjamin untuk    manggapai nilai keutamaan kerja. Untuk itu, ajaran islam menetapkan bahwa tokoh yang harus menjadi panutan hidup adalah Nabi Muhammad saw. Muhammad saw adalah iuswatun khasanah bagi orang mukmin. Keteladanan Muhammad saw tak tertandingi oleh siapa pun, karena Nabi Muhammad saw merupakan perwujudan konkret dari nilai-nilai Al-Qur'an. Kana khuluquhu al-Qur'an", kata Aisyah r.a.

f. Lawan dan kawan hidup
   Dalam hidup, berjuang menjalankan tugas dan menggapai tujuan, manusia membutuhkan kawan dan tak jarang berjumpa lawan. Islam mengajarkan bahwa semua orang mukmin, antara yang satu dengan yang lain adalah saudara, dan  syeitan  adalah lawan atau musuh yang konsisten. Seorang mukmin harus mengutamakan orang mukmin lainnya sebagai partner, dan bahwa berhubungan dengan syeitan tidak akan menghasilkan apa-apa selain kerugian.

Maka dari itu, sebagai umat muslim mari jalani hidup dengan selalu beribadah kepada Allah agar kita selalu mendapat ridha Alah swt.
konsep hidup menurut pandangan umat muslim konsep hidup menurut pandangan umat muslim Reviewed by Unknown on Januari 26, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads