Header AD

header ads

Hidup sehat ala nabi Muhammad saw







Dalam catatan sejarah islam di sebutkan bahwa Rasulullah saw selama hidupnya hanya pernah sakit sebanyak dua kali, yaitu saat pertengahan hidup dan saat menjelang wafat. Itupun hanya berlangsung sebentar serta hampir tidak merepotkan masyarakat. Padahal beban dan persoalan yang beliau pikirkan amatlah berat dan dahsyat.

Rasulullah saw sadar bahwa Allah swt sangat membenci manusia yang lalai, apalagi sampai mengganggu dan membuat bencana bagi kesehatan. Rasulullah saw memulainya dari hal-hal kecil seperti berolahraga, menggosok gigi dengan siwak, dan menyisir rambut. Semua aktivitas tersebut dianggap ibadah yang berpahala oleh Rasulullah saw.   

Banyak tokoh dunia seperti Napoleon Bonaparte dan Von Gothe [penyair dan fisofis Jerman] yang kagum terhadap kemampuan Muhammad saw dalam menjaga kesehatan. Hanya dengan fasilitas yang serba sedikit, beliau bisa menjaga kesehatannya, dari rambut sampai telapak kaki, baik dalam maupun luar dari tahun ke tahun.

Sebagai manusia, kepekaan fisik Rasulullah saw terhadap lingkungan sama saja dengan kita. Beliau jarang sakit dalam hidupnya  bukan karena beliau manusia pilihan, tetapi karena pola hidup beliau memang sehat. Lantas apakah resep hidup sehat ala nabi Muhammad saw?

Resep Nabi Muhammad saw adalah sebagai berikut :
- Nabi Muhammad saw selalu bangun menjelang fajar
- Beliau tidak makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang
- Beliau bila marah tanpa emosi, meskipun dengan tujuan positif
- Beliau tidak  pernah minum sambil bernafas
- Beliau tidak mudah terpengaruh bila di hadapkan pada suatu kondisi kesehatan yang tidak menguntungkan.

Dari resep tersebut, resep pertamalah yang terkait dengan pembahasan kita kali ini. Rasulullah saw senantiasa bangun sebelum subuh atau menjelang fajar. Selesai shalat subuh beliau tidak tidur lagi namun di lanjutkan dengan berdzikir sampai matahari terbit, melatih diri dengan gerakan-gerakan olah tubuh sambil menghirup udara segar seraya mengatur pernapasan untuk membersihkan paru-paru. Dampaknya, beliau tidak pernah mengidap penyakit lemah jantung, paru-paru, TBC (tubercolosis), dan lain-lain. Bangun menjelang fajar memang lebih nyaman dari pada bangun setelah matahari terbit karena bisa membuat tubuh sehat, nyaman dan bugar.

Ada sebuah pepatah Barat yang cukup populer berbunyi, "Early to bed an early to rise, makes a mind healt and wise" yang terjemahannya kurang lebih adalah cepat tidur dan cepat bangun akan membuat pikiran sehat dan bijak.

Para sarjana kesehatan pun menarik kesimpulan dari serangkaian penelitian ilmiahnya, bahwa salah satu resep untuk mencapai umur panjang adalah harus bangun pagi. Apa yang di kemukakan oleh para pakar abad modern ini sebenarnya telah di praktekkan oleh Rasulullah saw pada lima belas abad yang lalu.

Jadi dapat di tarik kesimpulan bahwa, untuk mencapai umur panjang dan kesehatan yang baik maka kita harus rajin bangun pagi, olah raga dan menerapkan pola hidup sehat karena jika pola hidup sehat maka pola pikir pin akan ikut sehat. Ingat ya, jangan MOLOR terus....
Hidup sehat ala nabi Muhammad saw Hidup sehat ala nabi Muhammad saw Reviewed by Unknown on Januari 27, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads